Mungkinkah Sistim Industrial Sedang Berubah ?

8/30/2018

Proses transisi dari sistim yang terpusat dan dikendalikan oleh pusat ke sistim yang lebih terdesentralisasi di mata perusahaan dan buruh dapat dipahami sebagai transisi yang sejalan dengan perubahan dalam konteks social politik yang lebih luas.

Yang paling bermanfaat dalam memahami hubungan industrial dan praktiknya di Indonesia, tentuny dapat dipahami sebagai konsep yang dapat digunakan untuk melihat pandangan hubungan industrial yang dimulai dari beberapa periode.

Suatu hubungan kerja dapat berkembang menjadi hubungan industrial yang memenuhi prasyarat tertentu. Seperti kolektivitas dan organisasi kerja. Apabila hubungan kerja antara pihak-pihak secara kolektif dalam suatu proses produksi, dapat dipahami sebagai hubungan kerja yang masih bersifat perorangan atau melibatkan sekelompok orang dalam suatu organisasi kerja yang belum bisa disebut hubungan industrial.


Pandangan hubungan industrial merupakan suatu bentuk interaksi di antara berbagai institusi, seperti serikat pekerja, asosiasi pengusaha, proses kelembagaan serta hasil dari pemenuhan tuntutan. Hal ini, tentunya menggambarkan fenomena dari sistim industrial.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close