Pembentukan Politik : Bagaimana Dengan Persoalan Sistem Konflik ?

8/12/2018

Jika kita melihat kembali bagaimana perkembangan politik Indonesia terus berkembang dimasa sebelumnya. Dimana, ketidakstabilan sebelumnya dan besarnya tuntutan kepada pemerintah baik dari masyarakat maupun dari berbagai peran pendukung.

Dengan melihat politik yang begitu berbeda pada sebelumnya, maka penalaran kita terhadap perkembangan politik saat ini merupakan suatu gambaran bahwa peran serta berbagai kaum merupakan salah satu bagian dari sendi politik, serta social masyarakat.


Apa yang dibutuhkan saat ini, merupakan suatu paham bahwa suatu pergerakan politik tidak hanya sebagai paham yang radikal. Tetapi, bagaimana melihat dengan cara pandang kita sebagai masyarakat serta apa yang dibutuhkan terhadap Republik ini.

Perubahan yang dimaksud untuk mengelola dinamika system, agar memiliki tingkat stabilitas yang cukup untuk mengembangkan system politik. Akan tetapi, yang memiliki konsekuensi tidak langsung mengenai ketiadaan ruang bebas public untuk berwacana dan melibatkan diri dalam politik. Dengan demikian, tidak mengherankan jika keterlibatan massa dalam politik adalah kegiatan yang bersifat seremonial dan simbolik.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close