Global Desa : Perubahan Serta Pembangunan Masyarakat Desa

8/03/2018

Perubahan Globalisasi tentunya sangat cepat dan memiliki proses yang mampu mendobrak pelbagai bentuk ketertutupan dan keterisolasian. Persoalan yang sesuai dengan ungkapan globalisasi membuat dunia semakin transparan (tembus pandang). Proses modernisasi system komunikasi/transportasi (khususnya media massa) serta system ekonomi globalnya.

Persoalan pedesaan yang masih terpencil tentunya merupakan moda terhadap proses transparansi. Perubahan yang terjadi di pedesaan secara umum tidak hanya disebabkan oleh kekuatan arus dan proses globalisasi tersebut melainkan secara khusus juga disebabkan oleh perubahan yang disengaja atau direncanakan.

Perubahan yang direncanakan disebut proses pembangunan, dengan demikian proses perubahan dalam masyarakat yakni proses perubahan yang tidak direncanakan.

Pembahasan mengenai perubahan dan pembangunan masyarakat Desa tentunya keterkaitan dan interaksi antara proses internal dalam masyarakat Desa, baik itu secara kultural maupun strukturalnya.

Dengan melihat kehidupan Desa yang begitu bersahaja serta menentuka proses dinamikannya, sehingga masyarakat Desa dapat dipahami dari berbagai kebudayaannya secara sederhana. Dengan adanya, aspek yang statis juga memiliki aspek yang dinamis, serta aspek yang statis dan dinamis.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close