Tokoh Pemikiran Geroge Herbert Mead

8/14/2018

Pada mulanya pemikirang teori evolusi Darwin yang menyatakan bahwa organisme terus menerus melibatkan dalam usaha penyesuaian diri dengan lingkungannya. George Herbert Mead menyatakan bahwa manusia merupakan makhluk yang paling rasional dan memiliki kesadaran.

Pandangan tersebut menyatakan bahwa dorongan suatu motivasi diri bagi suatu tindakan manusia, serta dorongan sifat social. Selain itu, Mead yang bersependapat menyatakan bahwa komunikasi adalah eksperesi dari perasaaan.

Sedangkan pemahamnnya tersebut terus membawa pandangan manusia mempunyai kemampuan menanggapi diri sendiri secara sadar, dan memiliki kemampuan serta daya pikir tertentu khususnya daya pikir reglektif. Sehingga, dapat dipahami bahwa tindakan manusia dalam interaksi social munculnya reaksi secara spontan dan seolah-olah tidak memiliki pemikiran seperi yang biasa terjadi.



Bahasa dan komunikasi melalui sombol adalah merupakan isyarat yang mempunyai arti khusus yang muncul terhadap individu lain yang memiliki ide yang sama, dengan isyarat-isyarat dan symbol akan terjadi suatu pemikiran. Tertib suatu masyarakat juga didasarkan komunikasi dan ini terjadi dengan berbagai ide yang terlaksana. Dan kemampuan ini, merupakan salag satu kemampuan khas manusia.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close