Identitas Etnik Menurut Katagori Caucasosid

9/12/2018

Pengertian mengenai kelompok caucasosid masih terdiri dari berbagai kelompok yang tidak saling mengakui segolongan dan bahkan saling merasa berbeda. Maka, identitas etnis lebih tepat mengacu pada konsep etnik yang mempunyai hubungan dengan apa yang disebut dengan pengertian Volk atau dipahami sebagai konsep “people”.

Dalam pengertian ini, maka kelompok etnik (ethnic group) terdiri dari orang yang mengakui bahwa mereka sesama. Hal ini aka nada keterkaitan dengan sebuah hubungan yang berlangsung. Kemudian, seringkali mereka berbicara dalam hal yang sama sebagai hasil warisan budaya mereka.
Sementara, kesadaran akan identitas etnis merupakan unsur penting dalam sebuah pencipta ikatan sebuah kelompok. Tetapi, kemudian dikembangkan oleh individu ketika diklasifikasikan dalam suatu golongan etnis tertentu. Ikatan sebuah kelompok dapat terbentuk melalui kesadaran dengan melibatkan dorongan indentifikasi simpatik dengan anggotan lain dalam satu kategori etnik.

Maka, kesadaran etnik merupakan salah satu bagian dari sebuah proses terbentuknya suatu masyarakat. Sehingga, membentuk sebuah kategori etnis menjadi sebuah yang objektif dengan kepercayaan yang bebas. Maka, keberadaan suatu masyarakat merupakan hasil dari consensus dan merpakan suatu dunia eksternal yang terhadapnya menyesuaikan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close