Distribusi Ekonomi Pada Masyarakat Pertanian

9/11/2018

Evolusi pola kepemilikan masyarakat pertanian akan berhubungan erat dentgan evolusi pola distribusi sumber daya. Disamping hal yang mesti dipahami bahwa akan terjadi sisti ketidakmerataan pada sistim distribusi. Maka, sistim kepemilikan paling umum dalam masyarakat pertanian yang diorganisasikan dalam sistim kepemilikan ekspropriasi surplus .

Hal yang menjadi manakala kelas produsen yang tergantung secara ekonomi untuk menghasilkan surplus dari ladang mereka dan menyerahkan surplus lainnya. Maka, dari surplus dikenal dengan berbagai jenis pajak, dan berbagai pengabdian.
Jika pandangan Karl Polanyi yang membedakan antara ekspropriasi surplus dan redistribusi parsial , sebagai gantinya digunakan konsep retribusi untuk diterapkan pada kedua sistim yang digantinya pada aktivitas ekonomi tersebut.

Baca Juga :  Bagaimana Dampak Rupiah Terhadap Petani ?

Maka, dari itu pendukung suatu sistim pertanian melalui distribusi dapat diperhatikan melalui berbagai sistim yang mengarah pada potensi pangan masyarakat pedesaan, sebagai pendukung ekonomi petani di pedesaan. Sistim produksi dan distribusi amat bermanfaat bagi pengembangan sistim pedesaan dengan hasil ekonomi masyarakat. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close