Mekanisme Sistim Distribusi Ekonomi Petani

9/08/2018

Pada suatu gambaran yang dapat diperkenlkan oleh James Scoot, dimana masyarakat petani hanya memproduksi sebatas pemenuhan kebutuhan subsisten atau produksi sebatas untuk oemenuhan kebutuhan hidup mengenai surplus produksi yang berusaha untuk dihindari dengan berbagai masalahnya.

Pengertian dalam hal ini, bahwa surplus tidak dilakukan atas dasar persaingan anggotanya, tetapi lebih diutamakan untuk setiap orang secara sama rata pada setiap orang yang membutuhkan kebutuhan produksi masyarakatnya.
Dengan produktivitas bertambah, maka kemungkinan yang terjadi adalah meningkatkan surplus secara terus menerus. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan bahwa keberadaan surplus bukan merupakan fungsi dari peningkatan teknologi itu sendiri. Meskipun kita tahu bahwa surplus tersebut tersedia untuk peningkatan kemakmuran suatu masyarakat.

Pada masyarakat dimana, produksi diorientasikan untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan berbagai persaingan dan pembedaan yang cenderung diorientasikan pada perbedaan antara satu orang dengan orang yang lain. Mengingat dalam hal ini, adanya dualistic dalam proses distribusi dan variasi lainnya dengan mencakup semua masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close