Memahami Pengaruh Luar Masyarakat Pedesaan

9/03/2018

Pengaruh masyarakat pedesaan merupakan salah satu bagian terluar masyarakat desa dari pertanian. Berdasarkan sejarah evolusi kehidupan manusia, dimana memang ada masa ketika desa dengan masyarakatnya terbebas dari pengaruh luar.

Untuk dapat memahaminya, maka ada empat tahap utama dari hal ini dengan pandangan yang berbeda dengan masyarakat desa lainnya. Tahapan tersebut tentunya akan berkaitan dengan tribe, band serta chiefdom. Tetapi, dalam hal ini desa yang terkoordinasi secara sentral dari atas kebawah.
Dengan demikian, adanya desa bersifat bebas yang otonom, terutama secara politis akan ada kehidupan dalam suatu desa dalam mengatur kehidupan desa. Jika dalam tahan state, maka akan masuk pada aspek kehidupan desa. 


Sementara, pengaruh dan pengendalian yang dilakukan terhadap desa bukan sekadar pengaturan demi lancarnya sistim pemerintahan, melainkan didorong oleh keinginan ideologis untuk memodernisasikan desa lewat program pembangunan dan pembaharuan. Apa yang berpengaruh dalam hal ini, tentunya jika tidak dipahami dengan baik akan ada perubahan identitas, baik secara social budaya, ekonomis maupun politis.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close