Sumber Ekonomi Pasar Terhadap Distribusi Pendapatan

9/03/2018

Pemahaman peranan suatu Negara dalam alokasi adalah untuk mengusahakan agar alokasi sumber ekonomi dilaksanakan secara efisien. Sedangkan peranan stabilisasi adalah peran pemerintah menjadi keadaan pasar agar kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh swasta tidak sampai menyebabkan kerugian struktur ekonomi.


Dalam hal ini, pengertian mengenai distribusi dapat dipahami sebagai peran dalam distribusi pendapatan. Distribusi yang mungkin dianggap ditimbulkan oleh pasar mungkin dianggap oleh masyarakat sebagai bagian tidak adil. Maka, keadilan dalam disribusi pendapatan merupakan masalah dalam aspek ekonomi.
Pandangan mengenai ekonomi tersebut dapat dipahami sebagai, kepercayaan dengan masalah efisiensi yang harus dipisahkan dengan masalah keadilan. Dengan kata lain, masalah keadilan dan efisiensi adalah berlawanan. Pembangunan ekonomi mesti diatur sedemikian rupa agar perubahan terjadi pada satu golongan tidak menimbulkan kerugian golongan yang lain.

Masalah keadilan dalam hal ini, tergantung pada pandangan masyarakat terhadap keadilan itu sendiri. Keadilan bukanlah suatu hal yang statis dan absolut, dan tetapi merupakan hal yang dinamis dan relative, hanya bergantung pada persepsi masyarakat tentang keadilan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close