Memahami Struktur Sosial Yang Memiliki Nilai

10/30/2018


Sebuah nilai yang ideal akan dipahami sebagai bagian dari berbagai kaidah yang konkret dan mengikat pada orang yang dibutuhkan setiap masyarakat. Persoalan yang lebih berperan terhadap berbagai kelompok yang dimiliki dengan berbagai kebutuhan seperti (institution).

Sebab, dalam hal ini begitu erat dengan status yang memiliki peran dengan berbagai upaya yang diharapkan dengan peran yang dijalankan berdasarkan norma. Maka,dikenal dengan konsep struktur sosial yang lebih sederhana, adalah konsep yang diajukan  oleh Pitiran Sorokin.

Struktur sosial vertikal atau juga disebut dengan pelapisan sosial (social stratification), yang menggambarkan kelompok sosial dalam suatu masyarakat dalam susunan yang bersifat berjenjang. Dengan menyimak masyarakat dalam struktur sosial vertical maka, dapat melihat adanya kelompok sosial dengan adanya (upper class).
Sedangkan pada masyarakat yang dikenal dengan (middle-class) dengan semakin kompleksnya masyarakat akan semakin bervariasi pula lapisan sosial. Maka, dipahami sebagai struktur sosial horizontal atau yang disebut dengan diferensiasi sosial (social differentiation) yang menggambarkan pengelompokkan yang ada dalam suatu masyarakat.


Kemudian, bagaimana menyimak suatu kelompok yang ada dalam suatu masyarakat tanpa melihat berbagai struktur tersebut, maka membutuhkan beranekaragam kelompok yang ada di dalamnya. Maka, dari itu berbagai struktur mesti dipahami dengan perbedaan yang baik pula.


0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close