Bagaimana Struktur Sosial Komunitas Desa Nelayan

10/29/2018

Suatu kemajuan pada masyarakat modern dapat dipahami sebagai bagain dari sistim masyarakat Nelayan, dimana mereka mencari ikan di laut, namun mereka juga mengenal dengan sistim pertanian. Hal ini, merupakan kedua kombinasi terhadap berbagai sistim yang merupakan masyarakat bersahaja.

Dengan memahami berbagai kebutuhan yang menjadi keinginan tempat tinggal yang ketika tidak terjadi musim melaut. Maka, komunitas Desa yang menjadi pokok pembahasan dengan masyarakat Nelayan dapat dikenal dengan Nelayan Tradisional.

Struktur kehidupan sosial komunitas masyarakat Desa nelayan yang hampir menyerupai komunitas Desa pertanian. Apabila dalam suatu komunitas Desa pertanian lahan pertanian menjadi factor penentu struktur sosial maka, sarana prasarana yang digunakan mereka merupakan bagian dari sarana produksi.

Jika berdasarkan sarana produksi masyarakat pedesaan dapat digambarkan berdasarkan komunitas yang mereka lakukan terhadap sistim pedesaan. Misalkan, dalam hal ini Nelayan dan Petani yang memiliki perbedaan terhadap sistim produksi yang mereka lakukan.


Pada masyarakat pedesaan yang memahami sistim seperti dapat dipahami sebagai bagian dari proses yang berlangsung dengan berbagai kebutuhan yang dimiliki terhadap kapasitas yang sering digunakan sebagai sarana prasarana.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close