Pandangan Produktif Dan NonProduktif Terhadap Kegiatan Produksi

10/11/2018

Secara produksi sistim ekonomi dapat dipahami sebagai hasil produksi yang dihasilkan. Maka, dengan demikian akumulai yang didapatkan berdasarkan sifat ekonomi yang diperoleh dengan cara produktif (peaceful methods), yakni apa yang dieksploitasi dari peluang pasar. Kata eksploitasi dalam hal ini, apa yang bisa diproduksi secara baik dalam suatu sistim pasar yang berdasarkan dari produksi berbasis pasar.

Sementara, appropriai barang-barang (appropriation of goods) lewat pertukaran rasional yang bebas secara ekonomi. Cara nonproduktif ditunjukkan dengan mencari hal yang diluar produksi. Begitu berbeda jika hanya dihasilkan dengan orientasi untuk memperoleh berbagai pertukaran produksi. Tetapi, dalam cara nonproduktifnya atau ekstra-ekonomi dalam mencari keuntungan.
Dengan yang berlawanan terhadap kapitalisme modern yang mengambil jalan produksi, maka ada pandangan terhadap struktur dan spirit kapitalisme yang secara berbeda dari manajemen rasional dalam sebuah perusahaan yang biasanya berskala besar. Pandangan ini, dengan memposisikan radikal antara dua mode dalam mencari keuntungan, dengan dipandang dalam kerangka analitik atau (tipe ideal).

Karena dalam hal ini, ada yang mesti dipahami ketika apa yang dihasilkan dari masyarakat tradisional dan kontemporer dengan berbagai perbedaan berbagai bentuk dalam perolehan produksi dan pertukaran. Pemahaman ini, merupakan suatu produksi yang memang ditetapkan berdasarkan sistim pasar yang berlangsung.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close