Pengertian Mengenai Keterkaitan Etnik Group

10/04/2018

Kelompok etnik atau yang dikenal (Ethnic Group) yang terdiri dari orang-orang yang mengakui bahwa diri merek sejenis. Dimana, saling keterkaitan dengan ikatan dimana didalamnya terhadap suatu nilai-nilai serta budaya yang mereka miliki bersama.

Sementara, kepercayaan bahwa mereka merupakan keturunan bersama biasanya didukung dengan mitos atau sejarah yang berasal dari pengetahuan para pendahulu. Kemudian, kesadaran akan identitas etnis merupakan unsur terpenting setiap ikatan kelompok (group cohesiveness).
Dengan demikian, kesadaran hubungan intim sesama anggota dalam satu kategori, dimana semua orang akan ditempatkan dalam kategori etnis yang sama dapat hidup bersama dengan keadaan yang mereka rasakan dengan lainnya. Dasar uraian yang diketahui melalui identitas etnis merupakan pengakuan / kesadaran yang memiliki subjektif maupun objektif.

Secara singkat dengan adanya subjektif dalam arti bahwa dapat membayangkan apa yang menjadi bagian dari dalam etnis. Kemudian, etnis menjadi objektif dengan kepercayaan yang tertata ditegakkan banyak orang dan keberadaannya bebas dari keinginan individu mana pun.


Maka, pemahaman mengenai hal ini, tentunya dapat dipahami sebagai klasifikasi manusia dalam masyarakat mana pun dengan suatu hasil consensus dan individu yang merupakan suatu dunia eksternal yang terhadapnya menyesuaikan tempat bahkan diri.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close