Potensi Masyarakat Desa Berserta Hubungan Sosial

10/10/2018

Pada masyarakat petani yang terbentuk oleh suatu hubungan sosial budaya, tentunya yang tanpa ada pengaruh dari luar. Merupakan masyarakat pertanian berdasarkan sistim ekonomi masyarakat yang ada di sekitarnya.

Jika kita membayangkan betapa sulitnya masyarakat Desa dalam membangun pedesaan masyarakat maka sistim politik suatu Negara turut ambil bagian dalam memperhatikan pengaruh apa yang menjadi persoalan terhadap lingkungan sekitar.

Dengan sepanjang perkembangan terhadap masyarakat Desa, maka apa yang menjadi perhatian tentunya menjadi bagian dari perkembangan terhadap pedesaan. Untuk mendapatkan pemahaman seperti ini, maka ada masa yang dikenal masyarakat sebagai bagian dari pemahaman mengenai potensi Desa.

Keberadaan Desa, dengan kehidupan yang relative otonomi, terbebas dari berbagai situasi dan kondisi yang berlangsung dengan berbagai tahap yang terbentuk dengan sistim yang berlangsung di suatu Desa. Dengan begitu, ada yang dikenal dengan Desa yang tidak bebas, otonom, dan secara sosial budaya berpengaruh terhadap aspek yang berbeda.

Dengan begitu, perkembangan pedesaan suatu masyarakat dapat diketahui dengan berbagai hal terkait dengan keberadaan Desa yang sulit terpengaruh dengan Globalisasi misalnya, tentunya membutuhkan waktu utuk membentuk proses transparan.


Maka, dapat diketahui dengan berbagai ragam primitive, terisolasi, bahkan belum terjama dengan kondisi modernisasi. Hal ini, tentunya dengan berbagai kebutuhan dan proses yang berlangsung dengan berbagai proses yang terbentuk oleh masyarakat pedesaan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close