Prespektif Mengenai Perubahan Sosial Secara Linier

10/14/2018

Perubahan dapat mengikuti perubahan gerak yang bersifat linier atau bahkan mengikuti suatu gerak yang bersifat siklus. Persoalan yang bersifat linear adalah suatu perubahan yang menunjukkan perkembangan dan kemajuan masyarakat yang mengikuti pola yang pasti.

Dengan memahami perubahan yang terjadi pada masyarakat yang bersifat kumulatif dan pasti akan terjadi, serta tidak terjadi pengulangan pada bentuk yang terjadi sebelumnya. Pemikiran ini, dapat dilihat pada perkembangan masyarakat menurut Comte, dimana pada masa perkembangan suatu masyarakat atau peradaban manusia mengikuti suatu jalan yang alami.

Penjelasan Comte mengenai peradaban manusia yang bergerak dari kehidupan masyarakat yang bersifat teologis-militeristis menuju masyarakat yang bersifat metafisis-yuridis menuju masyarakat yang mengedepankan ilmu pengetahuan dan berciri industri. Industri, dapat dipahami dalam hal ini dalam orientasi industri yang berbeda juga.

Demikian, pula pemikiran yang dikemukakan dengan berbagai struktur sosial (masyarakat) yang berkembang secara evolusioner dari struktur yang homogeny menjadi struktur yang lebih heterogen, dengan perubahan struktur tersebut yang diikuti oleh perubahan fungsi.


Pada masyarakat suku yang masih berjumlah sedikit memperlihatkan organisasi sosial yang relative sederhana sehingga pembagian kerjanya juga relatif sederhana. Maka, semakin lama ketika jumlah anggota masyarakat pada suku semakin banyak maka organisasi sosial semakin berkembang pula bahkan fungsi kemasyarakatan ikut berkembang dan mempunyai fungsi yang spesifik.

Sementara, factor yang berbeda dalam melihat perubahan masyarakat, secara umum pandangan mereka memperlihatkan bahwa masyarakat berubah dari kesatuan sosial yang kecil, homogeny dengan pembagian kerja yang masih sederhana menjadi sebuah masyarakat yang besar, maka semakin heterogen dengan pembagian kerja yang semakin kompleks.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close