Sumber Dari Perubahan Sosial Masyarakat

10/14/2018

Perubahan yang terjadi pada setiap masyarakat akan menunjukkan arah dan gerak yang beragam. Hal ini, dapat diamati melalui proses dalam jangka waktu yang pendek hingga jangka waktu yang panjang. Dengan demikian, batasan pendek atau panjang sesungguhnya bersifat relatif, tergantung pada kepentingan nama yang akan menjadi pandangan.

Pandangan mengenai perubahan sosial dapat diperhatikan melalui proses waktu, dan dianggap sebagai perubahan yang bergerak secara evolusi. Akan tetapi, secara satu abad dapat dikatakan sebagai proses waktu yang lama apabila dalam abad tersebut banyak kejadian atau peristiwa yang mengubah kehidupan masyarakat sehingga batasan waktu tidak dilakukan dalam abad lagi.
Sebagai contoh, perubahan singkat sebagai akibat adanya revolusi sosial, yang dapat digunakan sebagai masyarakat berubah dan terus mengalami perkembangan karena masyarakat yang diamati sebagai proses waktu tertentu, sedangkan pengamat lain mungkin mengatakan masyarakat tidak akan berubah dan berkembang, tetapi juga mengalami kemunduran dengan mengamati proses waktu yang berbeda.


Sehubungan dengan arah perubahan pada suatu masyarakat dapat digolongkan ke dalam pola yang bersifat linier (garis lurus), siklus, gabungan linier-siklus dan pusar peri-peri dalam hubungan suatu perubahan sosial. Karena dalam hal ini, ada perubahan yang dilewati berdasarkan gerak maju, alami, dan berbagai siklus yang menunjukkan perkembangan atau kemajuan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close