Sebuah Gagasan Mengenai Konsumsi : Bourdieu

10/13/2018

Seorang ahli bernama Bourdieu menjelaskan gagasanya mengenai konsumsu melalui Distinction, terutama mengenai selera. Dimana menurut Bourdieu berkaitan dengan berbagai ranah (field) dan habitus yang dimiliki. Sementara, ada posisi berbagai agen individu dan kolektif dalam ranah yang terkait dengan jumlah capital yang dipunyai mengenai ekonomi dan budaya.

Pemahamannya mengenai bagaimana habitus berfungsi pada setiap kesempatan sebagai sebuah persepsi, apresiasi dan tindakan. Sementara, ada bagian pendapat yang begitu berbeda ketika ada fungsi utama dari setiap benda diperlukan melalui kategori kebudayaan yang terlihat stabil.
Dengan adanya benda yang merupakan sarana dalam membuat kategori dasar tampat terlihat sebagai acuan klasifikasi seseorang dalam masyarakat. Sehingga, peran sebagai suatu identitas sosial dan makna sosial. Benda menciptakan dan mempertahankan hubungan sosial.

Sementara, benda menciptakan hubungan sosial yang dinamakan kehidupan sosial, melalui proses perolehan, penggunaan, dan pertukaran benda-benda. Sedangkan bagi Baudrillard konsumsi merupakan suatu sistim aksi dari manipulasi tanda. Agar menjadi objek konsumsi, objek harus menjadi tanda, begitu juga dengan dengan sebaliknya.

Sebuah kata mengenai konsumsi, akan membedakan bagaimana dinamika hubungan sosial berlangsung secara kolektif berdasarkan keterkaitan dengan ekonomi dan budaya. Hal tersebut, akan memiliki makna yang bearti masuk dalam pemahaman sebuah kebudayaan. Dengan begitu, hal ini dapat dikatakan sebagai hubungan yang berlangsung terus menerus.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close