Sumber Perubahan Sosial Adalah Faktor Ide

10/05/2018

Dengan menganut paham idealistic yang menekankan bahwa ideology merupakan sumber perubahan yang penting. Adanya ideology pada dasarnya merupakan sistim ide atau gagasan yang dimiliki kelompok orang yang dijadikan landasan bagi pemahaman mengenai ide-ide yang dalam mempertahankan tatanan.

Kumpulan ide merupakan bagian dari hasil sebuah gagasan, dapat dikemas menyerupai kreatifitas berdasarkan arah tujuan. Sehingga, dengan pemikiran klasik terdapat aspek (ideational culture) yang dapat menjadi sumber suatu perubahan.

Maka, dengan menjelaskan apa yang dikenal Max, dengan jelas bahwa perkembangan industri tidak dapat dimengerti melalui peran factor material seperti teknologi, meskipun tidak menyangkal adanya teknologi juga mempunyai peran penting.
Yang dipahami dengan kondisi saat ini, maka pembangunan berbagai aspek merupakan salah satu sarana terhadap berbagai tujuan bersama dalam menciptakan berbagai persoalan yang berkaitan dengan adanya pandangan yang berdasarkan nalar manusia. Yang menjadi sarana pendukung terhadap perubahan sosial di masyarakat.

Berbagai aspek penting tersebut, tentunya akan menjadi sebuah gagasan yang tidak menutup kemungkinan dengan berbagai persoalan yang dapat menjadi peluang dalam menanggapi peluang yang ada dimasyarakat. Kategori ini, dengan berbagai persoalan terkait ekonomi politik sosial secara umum.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close