Tujuan Adanya Sosiologi Ekonomi Masyarakat

10/05/2018

Pada dasarnya Sosiologi Ekonomi, tidak terlepas dari pengaruh pemikiran tokoh sosiologi klasik dan aliran pemikiran baru dalam sosiologi ekonomi sejak dekade 1980-an. Berdasarkan dari beberapa hasil yang begitu eksploratif, dimana adanya pada tulisan ini melalui penelusuran atas perkembangan studi Sosiologi Ekonomi.

Yang terlatar dari bagaimana proses yang ada di masyarakat dengan memperhatikan berbagai persoalan bahwa sebagian besar persoalan lebih diarahkan kepada bagaimana masyarakat memenuhi kebutuhan dan mencapai kemakmuran atau kesejahteraan yang eratnya dikaitkan dengan masalah yang ada di masyarakat.
Dengan demikian, ada hal yang menarik ketika saat ini mengenai kehadiran adanya Sosiologi Ekonomi lebih marak menganalisis tentang kapital sosial, serta masalah struktur, kelembagaan dan sistem ekonomi nasional dikaitkan dengan hubungan masyarakat.

Maka,dalam hal ini sistem ekonomi nasional yang dimaksud adalah yang sejalan amanat konsititusi kita. Pada sisi lain, mengenai dampak pembangunan nasional terutama sejak masa orde baru juga banyak diteliti mengingat kebijakan pembangunan dinilai belum mampu menciptakan kesejahteraan masyarakat, bahkan terkesan belum berhasil menciptakan inklusifitas dalam pembangunan nasional, berlandaskan pembangunan model dengan indikator utama berupa “pemerataan” pembangunan.

Pandangan terhadap masyarakat mengenai perkembangan dan kemajuan dalam prespektif sosiologi, dapat menjadi pengertian dengan berbagai persoalan saat ini. Terlepas dari berbagai ragam yang ada di masyarakat, maka berdasarkan pemahaman mengenai ekonomi masyarakat menjadi bagian penting dalam keterkaitannya dengan pembangunan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close