Aguste Comte : Mengenai Perkembangan Kesadaran Manusia

11/06/2018

Suatu pemikiran yang serius terhadap berbagai keseriusan mengenai manusia, terletak pada kenyataan adanya budaya local yang menghadang perkembangan melainkan juga pada kemelekatan, keterikatan dan ketidakmampuan sebagaian besar pada masyarakat untuk saling terkait dengan budaya.

Budaya bangsa misalnya, Indonesia yang lebih terkait dengan emosi daripada rasio. Kemudian, emosional lebih terlihat daripada fleksibilitas dan progresivitas rasional. Maka, dalam hal ini teori mengenai perkembangan kesadaran manusia dapat dikemukakan oleh Aguste Comte, yang melihat evolusi kesadaran manusia mulai dari tahap metafisis hingga tahap rasional positif.


Ruang kesadaran masyarakat modern yang dapat berpikir dengan berbagai kebutuhan wawasan ekonomis masyarakat. Karena, sebagai manifestasi pendominisian sisi rasional kritis. Ketika budaya, yang memiliki nilai dengan suatu kemajuan yang dicita-citakan pada setiap peradaban manusia, maka akan diketahui dengan apa yang dibayangkan terhadap identitas pada daerah kita.


Maka, dari itu membutuhkan suatu hakikat budaya yang siap untuk membenahi guna menjaga kemajuan setiap bangsa. Karena, suatu bangsa akan dipahami secara mendalam pada arti hakikat dari apa yang kita sebut sebagai budaya itu.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close