Bagaimana Memahami Arah Sumber Perubahan Sosial

11/29/2018

Perubahan yang terjadi pada setiap masyarakat menunjukkan arah dan geraka yang beragam. Hal ini, dapat diamati melalui proses dalam jangka waktu yang pendek hingga jangka waktu yang panjang. Batasan pendek dan panjang sesungguhnya bersifat relatif, tergantung dari kepentingan mana yang akan diperhatikan.

Satu abad dapat diartikan pendek oleh tanggapan seorang apabila pada abad tersebut tidak ada perubahan masyarakat yang dianggap bearti. Misalnya perubahan yang bergerak secara evolusi. Akan tetapi, pada suatu abad juga dapat dikatakan sebagai proses waktu yang lama apabila dalam abad tersebut banyak kejadian atau peristiwa yang mengubah kehidupan masyarakat pada batasan waktu.
Hal ini, sebagai contoh perubahan singkat akibat adanya revolusi sosial. Oleh karena itu, berbagai arah perubahan dan terus mengalami perkembangan karena pada masyarakat berubah dan terus mengalami perkembangan karena masyarakat tersebut diamati dalam proses waktu tertentu.

Sedangkan dalam hal ini, berbagai revolusi sosial, berdampak pada sistem masyarakat berlangsung dalam kurun waktu tertentu. Dengan hubunga perubahan pada suatu masyarakat dapat digolongkan ke dalam pola yang bersifat linier (garis lurus), siklus gabungan linier-siklus (dialektika) dan pusat peri-peri. Perubahan berpola linier akan menunjukkan ciri arah perubahan yang mengikuti suatu jalan atau cara yang sama, alami dan bergerak maju secara pasti.

Cara yang alami dan bergerak maju akan diketahui berbagai perubahan yang bersifat siklus dapat diamati melalui ciri-ciri di suatu saat yang menunjukkan perkembangan atau kemajuan, tetapi yang disaat sama yang lain menujukkan kemunduran.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close