Perkembangan Suatu Masyarakat Terhadap Peradaban Manusia

11/29/2018

Pada masa perkembangan suatu masyarakat, dapat dipahami sebagai peradaban manusia dengan mengikuti suatu jalan yang dialami dengan pasti terelakkan. Dengan melalui teorinya mengenai hokum tiga tahap (Law of three stages), dimana Comte menjelaskan bahwa peradaban manusia bergerak dari kehidupan masyarakat yang bersifat teologis militeristis menuju masyarakat yang bersifat metafisis-yuridis.

Kemudian, perlahan berkembang menjadi masyarakat yang mengedepankan ilmu pengetahuan yang bersiri industri. Demikian, pula perkembangan pemikiran yang dikemukakan oleh Herbert Spencer (1892) bahwa struktur sosial atau masyarakat berkembang secara evolusioner dari struktur yang homogeny menjadi struktur yang lebih heterogen.
Sementara, perubahan struktur tersebut diikuti oleh perubahan fungsi pada masyarakat suku yang masih berjumlah sedikit memperlihatkan organisasi sosial yang relative baik terhadap berbagai pembagian kerja. Dengan jumlah anggota masyarakat suku masih banyak maka organisasi sosialnnya semakin berkembang dan mempunyai fungsi yang lebih spesifik.


Dengan melihat perkembangan masyarakat yang bergerak dari masyarakat yang memiliki solidaritas mekanik menuju masyarakat yang mempunyai solidaritas organik. Hal yang menggambarkan masyarakat yang memiliki kebudayaan folk menjadi masyarakat berkebudayaan urban .

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close