Mobilitas Sosial Perkotaan Masyarakat

11/26/2018

Pengertian mengenai masyarakat perkotaan mempunyai arti yang bermacam-macam, yaitu mobilitas fisik (mobilitas geografis), mengenai perpindahan tempat tinggal berdasarkan suatu tempat yang lain. Sementara, mobilitas sosial yaitu suatu gerak perpindahan daru suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya.

Pada mobilitas sosial memiliki tipe, yaitu mobilitas sosial horizontal dan vertical. Mobilitas sosial terdiri dari dua tipe yaitu mobilitas sosial horizontal yang diartikan sebagai gerak perpindahan dari suatu status lain, tanpa perubahan kedudukan. Sedangkan mobilitas sosial akan terjadi kedudukan secara sosial vertical berdasarkan gerak perpindahan dari suatu yang memiliki arah.
Kemudian, mobilitas sosial vertical dapat dilihat dari arahnya yang dapat dirincih atas dua jenis, yaitu perpindahan status yang status yang dikenal (social climbing) dan gerak perpindahan status sosial yang menurun (social sinking). Maka, pengertian mengenai mobilitas sosial mencakup baik pada mobilitas kelompok maupun individu.


Sedangkan arus perpindahan penduduk secara bersama-sama (bedol desa) dari daerah pemukiman yang terletak di Jawa ke daerah yang lebih subur sehingga tingkat kesejahteraan mereka relatif lebih baik dibanding di daerah asal, maka dikenal sebagai contoh mobilitas kelompok.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close