Struktural Fungsional Sebagai Alat Analisis Sistem Politik

11/27/2018

Pada awal pengembangan dari teori structural fungsional dan sosiologi tentunya memiliki sistem politik yang merupakan kumpulan dan peranan yang saling berinteraksi. Menurut Almond, sistem politik adalah sistem interaksi yang terdapat dalam semua masyarakat yang bebas dan merdeka dengan melaksanakan fungsi integrasi dan adaptasi.

Dengan masyarakat berdasarkan semua sistem politik tentuya mengenai fungsi politik ini Almond membaginya dalam jenis fungsi, yaitu input dan output. Terkait dengan hubungan dengan lingkungan, serta berbagai prespektif maka digunakan dengan ekologis.
Apa yang menjadi keuntungan dari prespektif ekologis ini adalah, dapat mengarah perhatian kita pada isu politik yang lebih luas. Sementara, untuk membuat penilaian yang objektif maka kita harus menempatkan sistem politik dalam lingkungannya.


Hal ini, dilakukan guna mengetahui bagaimana lingkungan membatasi atau membantu dilakukannya sebuah pilihan politik. Sifat dalam bergantung bukan hanya dalam hubungan antara kebijaksanaan dengan sarana institusional saja, namun ada lembaga atau bagian dari sistem politik tersebut yang juga saling bergantung.

Untuk memahami hal tersebut, berbagai sistem politik yaitu kapabilitas, ekstraktif, kapabilitas regulative, kapabilitas distributive, serta kapabilitas simbolik, dan kapabilitas responsif, serta kapabilitas domestic dan Internasional.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close