Social Inequality : Pada Konsep Dasar Terhadap Struktur Sosial

11/20/2018

Konsep dasar yang menyusun pembangian suatu struktur sosial menjadi beberapa bagian atau lapisan yang saling berkait. Konsep yang memberikan gambaran bahwa dalam suatu struktur sosial ada ketidakseimbangan posisi sosial antarindividu di dalamnnya.

Dengan berbagai dimensi dimana suatu masyarakat terbagi dalam suatu susunan atau stratifikasi, yaitu berbagai konse mengenai struktur sosial dengan pandangan yang disampaikan oleh Max Weber. Pada pandangan ini, Weber merupakan sekelompok orang yang menempatkan kedudukan yang sama dalam proses produksi, distribusi, maupun perdagangan.

Pandangan ini merupakan bagian dari struktur sosial, berdasarkan aspek ekonomi dalam sebuah tatanan sosial pada masyarakat perkotaan. Kemudian, didasarkan dengan penguasaan modal, namun juga meliputi kesempatan dengan berbagai pasar komoditas dan tenaga kerja.


Sementara, suatu kedudukan pada masyarakat dalam hierarki ekonomi menjadi bagian dari pola konsumsi, berbeda dengan status yang mepengaruhi oleh banyak factor, seperti ras, usia dan agama yang menjadi dasar bagian pada struktur sosial masyarakat.


Untuk memahami berdasarkan bentuk adanya peluang mobilitas sosial dalam suatu masyarakat, maka dengan adanya dukungan perubahan modal produksi sehingga menimbulkan pembagian dan spesialisasi kerja serta hadirnya organisasi modern yang bersifat kompleks.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close