Ciri Khas Kuliner Kerajaan Majapahit Ketika Itu

12/09/2018

Membahas mengenai sejarah kekuasaan Kerajaan Majapahit tentu sudah sering yang kita dengar dan baca dibeberapa bacaan mengenai buku-buku sejarah kuliner secara khusus. Kita akan banyak membaca bagaimana Majapahit begitu luas menguasai beberapa daerah. Tak hanya daerah sekitar, namun Majapahit mampu menguasai daerah Semenanjung Malaya dan menjadi salah satu negara terbesar dalam sejarah Indonesia. 

Tapi kali ini tidak akan membahas panjang lebar mengenai sejarah kebesaran Kerajaan Majapahit yang kesohor itu. Bergeser pada hal sederhana yang seringkali terlupakan, tidakkah kalian ingin tahu akan apa penganan raja-raja zaman dahulu? Berdasarkan penulusuran seorang chef yang seringkali dijuluki The Singing Chef yaitu Chef Hugo, kuliner Majapahit sangatlah menarik. 
Tak hanya itu, penelusuran juga dilakukan melalui masakan raja-raja Bali, raja-raja Sumenep, berita Cina, dan penelusuran kuliner di daerah Tuban, Gresik, India, dan Lombok. Makanan dari Kerajaan Majapahit tak berbeda jauh dengan seperti yang ditemukan pada saat ini. Namun beberapa bahan makanan sudah sulit ditemukan. 

Sedangkan yang menarik lagi untuk sayur mayor, seperti sayur terong, labu, baligo, kacang tanah, dan biji-bijian lain yang disebut atamipihan juga dikonsumsi para keluarga kerajaan. Keluarga kerajaan pun tak luput dari kudapan atau cemilan seperti yang saat ini sering kita konsumsi saat senggang. 





0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close