Peranan Sosial Terhadap Pembangunan Masyarakat Perkotaan

12/09/2018

Yang dipahami mengenai peranan attracting forces sangan mendominasi perpindahan penduduk dari Desa ke Kota dengan berbagai pertimbangan dari peranan propelling foces . Sementara, daya tarik (attracting forces) adalah kekuatan yang berada pada daerah tujuan yang berperanan untuk menarik suatu gerakan menuju kearahnya.

Sementara, yang dipahami adalah (propelling forces) adalah kekuatan yang berada di daerah asal gerakan yang bersifat mendorong gerakan keluar dari daerah yang bersangkutan. Dengan pesatnya perkembangan industri mendorong pula pesatnya pertumbuhan kota.

Maka, dengan adanya pusat-pusat industri yang cenderung berada dipinggiran kota, maka pertumbuhan kota dapat diketahui berdasarkan tingkatan kebutuhan masyarakat. Pertumbuhan kota yang semakin merambat akibat pertumbuhan penduduk, pola hidup yang cenderung berubah.
Tuntutan terhadap kemajuan masyarakat perkotaan pada masa depan merupakan bagian dari sistem digital yang berproses dengan kemajuan masyarakat berkembang sebagai Negara maju. Sehingga, potensi apa yang dapat dipahami sebagai masyarakat perkotaan merupakan bagian dari sistem sosial masyarakat berdasarkan pembangunan yang pesat, dengan daya tarik pelaku usaha.


Dengan adanya perkembangan sebuah kota, maka munculnya berbagai industri yang berada dipinggiran kota senantiasa menjadi daya tarik bagi kota untuk didatangi oleh para urbanit dari Desa. Maka, akibatnya menambah jumlah penduduk yang tingga di kota serta tak jauh dari masyarakat perkotaan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close