Pengaruh Ekonomi Budaya Masyarakat Pedesaan

12/10/2018

Potensi Desa merupakan salah satu bagian dari pendukung untuk memahami bagaimana sistem produksi berlangsung. Dengan adanya ekonomi masyarakat yang menjadi terjadinya perubahan superstruktur sosial budaya terhadap berbagai perubahan bagi perkembangan dan perubahan pedesaan.

Dengan adanya, hal demikian dapat diketahui bagaimana sistem berlangsung sesuai dengan kebutuhan masyarakat pedesaan dalam meningkatkan hasil produksi. Memahami sistem pedesaan dengan berbagai ragam hasil yang dihasilkan masyarakat tentunya menjadi bagian dari tata kelola pedesaan secara intensif.
Berbagai ragam kebutuhan pedesaan yang dapat dipahami dengan berbagai pola masyarakat pedesaan dapat dipahami sebagai sistem yang berlangsung secara budaya mereka terhadap ragam masyarakat pedesaan. Maka, ada yang dikenal sebagai masyarakat “ekonomi yang mempengaruhi budaya”.

Jika memahami berbagai kebutuhan masyarakat dengan berbagai ragam hasil produksi, maka dapat dikatakan sebaliknya “ budaya mempengaruhi ekonomi”, sehingga dikenal sebagai budaya mempengaruhi ekonomi secara konstitutif. 


Dengan demikian, apa yang dipahami budaya konsumsi masyarakat juga merupakan bagian dari keseharian masyarakat pedesaan sebagai bagian dari sisrem tata mereka secara alamiah berdasarkan sistem yang berlangsung sesuai dengan tindakan ekonomi mereka.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close