Apa Yang Membedakan Manusia Dengan Makhluk Lain ? : Kerja

1/11/2019

Berdasarkan apa yang dikatakan oleh Marx bahwa kerja, hanya manusialah makhluk yang mampu menghasilkan kerja. Melalui kerja, oleh sebab itu manusia sebagai produsen. Dengan demikian, produk dari kegiatan yang produktif (kerja) manusia merupakan hakikat manusia yang menjadi pembeda dengan makhluk lain seperti bukan manusia.

Kapitalisme telah menyebabkan manusia sebagai pekerja, tidak lagi mempunyai control atas potensi yang terkandung dalam kerja mereka. Potensi ini, menurut Marx sebagai tenaga kerja (labour-power), kepada kapitalis yang dipertukarkan dengan benda abstrak yang terdapat dalam upah.

Pertukaran tersebut, menyebabkan tenaga kerja menjadi komoditas, sehingga manfaat keja tidak lagi ditemukan pada kemampuan untuk menghasilkan objek yang memenuhi dan mengembangkan kebutuhan para pekerja, namun sebagai abstrak yang dapat dipertukarkan dengan upah.


Dengan demikian, sistem upah-kerja pada kapitalisme dengan memisahkan kerja dengan kebutuhan sehingga kerja (produksi) tidak lagi menjadi tindak pemenuhan kebutuhan (konsumsi) namun sekadar sarana untuk memenuhi kebutuhan (Lee, 2006 :9-16).


Sementara, dalam hal ini Marx menurut Ritzer, ternyata banyak membahas mengenai konsumsi khususnya dalam karyanyab tentang komoditas. Dalam membahas komoditas Marx membedakan antara alat-alat produksi dan alat konsumsi. Perbedaannya, tergantung pada kegiatan yang berhubungan dengan produksi atau tidak. Maka dari itu, komoditas yang memiliki suatu bentuk dimana komoditas memasuki konsumsi produktif.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close