Memahami Fungsi Pemilihan Umum Dalam Pendidikan Politik

1/11/2019


Sebuah fase yang dapat diketahui berdasarkan bentuk paling umum dari partisipasi politik masyarakat, dapat diketahui berdasarkan sistem politik. Hal yang umum, dapat diketahui berdasarkan sistem pemilihan setiap masyarakat tentunya merupakan sebuah pilihan yang bersifat privasi.

Sifat sebuah pemilu demikian ini menunjukkan bahwa fungsi pemilihan umum adalah memberikan dan memperkuat legitimasi politik kepada penguasa sehingga eksistensi, kebijakan dan program kerja dapat dilaksanakan.

Menurut Ginsberg, sebuah pemilu merupakan sarana legitimasi politik untuk merubah keterlibatan massa dari yang dapat mempengaruhi politik Nasional. Selain itu, pemahaman mengenai pemilu merupakan bagian dari wujud kedaulatan rakyat di suatu Negara.

Berbagai persoalan yang diyakini berdasarkan sistem yang berfungsi sebagai politik, dapat dipahami berdasarkan sistem yang berlangsung sesuai dengan fungsi legitimasi politik, sirkulasi kekuasaan, pencipta representasi politik, kemudian hasil dari semua program sebagai implementasi dari kedaulatan pangan, sarana sosialisasi dan pendidikan politik rakyat.


Pentingnya suatu pemilu bagi suatu Negara maka pemilu menjadi salah satu ukuran bagi suatu Negara mereka tergolong sebagai Negara Demokratis atau tidak. Sementara, berdasarkan sistem yang berlangsung keberadaannya merupakan salah satu bukti nyata dari keinginan untuk terintegrasi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close