Memahami Kerangka Kerja Sistem Politik Sebagai Tindakan Manusia

1/14/2019

Sebagai perbandingan dengan suatu pengertian yang disampaikan oleh Norman H. Nie dan Sidney Verba (A Handbook of Politicai Science), dimana dalam hal ini Nie dan Verba menjelaskan mengenai partisipasi politik sebagai kegiatan pribadi warga Negara yang legal yang sedikit banyak langsung bertujuan untuk mempengaruhi seleksi pejabat Negara dalam suatu tindakan yang diambil mereka.

Dari dua definisi tersebut terlihat adanya kesamaan ciri umum suatu partisipasi politik dalam keinginan masyarakat untuk terlibat dan mempengaruhi pemerintah. Dalam kerangka kerja sistem politik, tindakan masyarakat untuk melibatkan diri atau secara minimal mempengaruhi keputusan pemerintah yang merupakan realisasi dari fungsi input.

Input suatu masyarakat tersebut, tidak terlepas pula dari output kebijaksanaan pemerintah, yang kemudian menimbulkan realsi masyarakat berupa input tersebut, dimana suatu reaksi masyarakat tersebut menjadi motivasi atau daya pendorong masyarakat untuk bertindak terutama jika kebijaksanaan pemerintah berkaitan langsung dengan kepentingan mereka sehari-hari.


Ada dampak kebijaksanaan tersebut yang menyenangkan mereka tetapi ada yang berbeda, berdasarkan dirugikan. Jika terjadi maka bagi masyarakat input atau reaksi masyarakat akan berupa tuntutan yang sementara jika kebijaksanaan tersebut menyenagkan maka dukungan akan menjadi pilihan. Dalam suatu pandangan tersebut maka akan menyenangkan maka dukungan akan menjadi pilihan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close