Demokrasi Politik Di Masa Sebelumnya

11/07/2018

Pada tahun 1970an demokrasi tumbang dikarenakan berbagai kaum penganut modernisasi, sehingga masa depan demokrasi mendapatkan pandangan berbeda ketika itu. Sementara, pada tahun 1980an masa depan demokrasi politik tampak cerah kembali dengan adanya berbagai masa transisi yang kemudian membangun demokrasi ke dalam permukaan.

Berbagai ahli demokrasi, seperti Samuel Huntington menyatakan bahwa sesungguhnya terdapat beberapa prakondisi yang diperlukan dalam membangun demokrasi. Hal yang dipahami ketika itu, adalah kemakmuran ekonomi yang kaitannya menunjukkan semakin makmur satu Negara secara ekonomis, maka semakin memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menjadi Negara demokratis.
Hal yang harus dijumpai dalam berbagai literature tentang eratnya kaitan antara ekonomi dan demokrasi menyatakan bahwa kemakmuran ekonomi memungkinkan tumbuhnya tingkat pengenalan media, serta mendorong pertumbuhan demokrasi.


Ketika, adanya kesejahteraan ekonomi berlangsung maka akan mendorong terjadinya ketegangan politik, karena keberhasilan ekonomi memungkinkan adanya kesempatan alternatif yang diberikan kepada pemimpin politik.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close