Lenin Dkk : Pandangan Kelas Sosial Dengan Berbagai Kemungkinan

1/17/2019

Berdasarkan suatu pemahaman, menurut Lenin, kelas sosial dianggap sebagai golongan sosial dalam sebuah tatanan masyarakat yang ditentukan oleh posisi tertentu dalam proses produksi. Hal yang serupa juga dikemukakan oleh Marx bahwa kelas berakar dalam hubungan sosial produksi, bukan hubungan dalam distribusi dan konsumsi. 

Jika berdasarkan menurut Marx, pelaku utama dalam perubahan sosial bukanlah individu, tetapi kelas-kelas sosial. Dalam setiap masyarakat terdapat kelas yang menguasai dan kelas yang dikuasai atau dengan kata lain terdapat kelas atas dan kelas bawah. 

Perjuangan kelas dapat diketahui berdasarkan sistem yang diatur berdasarkan kelas sosial yang dibentuk sebelumnya, hal ini tentunya tak lepas dari persoalan sosial dimasa lalu. Jika hal ini dapat dipahami berdasarkan sistem sosial suatu masyarakat, maka akan dipahami sebagai factor yang dapat diketahui berdasarkan fungsi yang dimiliki.


Persoalan sosial politik masyarakat dapat dipahami berdasarkan sistem sosial politik masyarakat yang dapat diketahui berdasarkan sistem politik masyarakat, dan factor sosial berdasarkan pemahaman tersebut. Maka, pengetahuan sosial suatu kelas dapat dipahami berdasarkan factor yang menjadi acuan terhadap berbagai kemungkinan yang muncul terhadap kepentingan suatu kelas.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close