Perubahan Yang Mendasar Dari Sebuah Pedesaan

1/08/2019

Memahami perkembangan dari sosiologi pedesaan di Negara-negara kapitalis industry modern. Karena dinegara-negara itu telah terjadi perubahan dan perkembangan drastis (khususnya yang terjadi di pedesaan, sehingga dirasakan semakin kurang tepatnya sosiologi pedesaan lama sebagai kerangka pemahaman terhadap masyarakat pedesaan yang telah berkembang. 

Perubahan yang sangat mendasar adalah semakin menipisnya perbedaan antara desa dan kota dalam berbagai aspeknya.: Menurut Jhon M Gillette (1922;6) Sosiologi pedesaaan adalah cabang sosiologi yang secara sistematis mempelajari komunitas-komunitas pedesaan untuk mengungkapkan kondisi-kondisi serta kecenderungan-kecenderungannya dan merumuskan prinsip-prinsip kemajuan.

Menurut N.L. Sim (dalam Rahardjo, 1999) sosiologi pedesaan adalah studi tentang asosiasi antara orang-orang yang hidupnya banyak tergantung pada pertanian. Menurut T.Lynn dan Paul E. Zopf (dalam Rahadjo, 1999) sosiologi pedesaan adalah kumpulan pengetahuan yang telah disistematisasi yang dihasilkan lewat penerapan metode ilmiah ke dalam studi tentang masyarakat pedesaan.

Kemudian, organisasi dan strukturnya, serta proses-prosesnya, system social yang pokok dan perubahan-perubahannya. Semua definisi tersebut di atas adalah definisi sosiologi pedesaan lama, (klasik) yakni menggambarkan keadaan Barat secara umum memperlihatkan perbedaan yang jelas dan bahkan dikotomis antar kawasan desa dan kota.


Pada era globalisasi perbedaan antara kota dan desa semakin kabur terutama disebabkan teknologi transportasi dan komunikasi maka sosiologi pedesaan mempunyai pemahaman yang berbeda dari pemahaman yang lama.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close