Berbagai Pengelompokan Organisasi Sosial Formal Maupun Informal

2/12/2019

Berbagai pengelompokkan masyarakat dapat diketahui berdasarkan berkembangnya organisasi sosial formal maupun informal dalam suatu pemerintahan, serta organisasi politik. Suatu ikatan primordial horizontal dapat dipahami memiliki potensi konflik yang dapat mengakibatkan disintegrasi bangsa, karena adanya mengelompokkan berdasar ikatan primordial.

Apa yang menjadi kesulitan ketika komunikasi, pembauran antar golongan masing-masing kelompok akan menggunakan kerangka budaya mereka sendiri dalam berkomunikasi. Yang harus dipahami dari karakteristik pluralitas masyarakat adalah keanekaragaman suku bangsa dan kebudayaan yang ada.

Konsep ini, yang mencakup berbagai keragaman stratifikasi, struktur sosial, golongan, kelas, serta cara untuk bertahan, yang diorientasikan nilai-nilai sosial budaya, serta konsep dan praktek penegakan norma dan kaidah, serta partisipasi masyarakat dibidang politik.


Oleh karenanya suatu kebijakan pembangunan juga mesti dipahami aspek proporsionalitas dan dilaksanakan atas dasar keadilan. Yang artinya, pembangunan tidak saja dipertimbangkan besarnya jumlah penduduk suatu wilayah melainkan juga harus mempertimbangkan besarnya jumlah penduduk suatu wilayah melainkan juga harus memperhitungkan potensi alam yang dimiliki, tingkat sumber daya, gagasan dan sebagainya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close