Perkembangan Budaya Dan Agama-Agama

2/12/2019


Perkembangan agama, dan masuknya berbagai budaya asing, dengan adanya penyebaran  agama yang tidak lepas dari perkembangan budaya agama lain. Pemahaman ini, dikemukan oleh Geertz (1963) yang setuju dengan konsep masyarakat majemuk yang diajukan Furnivall yang memang memahami bahwa kemajemukan atau pluralitas masyarakat sudah terbentuk pada masa sebelumnya.

Namun, demikian, dengan melihat bahwa pliralisme tidak lagi bersifat vertical, karena adanya perubahan situasi politik yang telah berubah, dan dalam pandangan itu memiliki peran politik. Dalam pandangan itu, peran politik masa sebelumnya, yang begitu concern dalam menjaga berbagai hal termasuk pluralitas atas dasar perbedaan.aksesibilitas dan control atas, politik dan ekonomi, yang kian berubah.

Tetapi, dengan adanya hal tersebut berbagai kelompok dapat berkembangan dan tumbuh dengan baik dengan dihadapkan pluralisme Horizontal, dengan adanya pengelompokkan. Dimana atas hal ini,  mengelompokkan masyarakat yang lebih banyak diikat oleh ikatan primordial, seperti ikatan kekerabatan, ras, bahasa, agama, dan suku bangsa.


Suatu ikatan primordial inilah yang menjelaskan dengan pengikat asli masyarakat dan dasar itulah mengelompokkan masyarakat dalam suatu pemerintahan, maupun dalam organisasi politik.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close