Memahami Kemajemukan Dalam Kelas Sosial ?

2/12/2019

Perbedaan mendasar pada tingkatan sosial akan menciptakan kemajemukan dalam kelas sosial yang hampir mirip dengan stratifikasi sosial yang menggambarkan kompleksitas struktur sosial masyarakat dengan menciptakan kelas sosial.

Dalam hal ini, dikenal sebagai functional differentiation atau diferensiasi fungsional, yang pada umumnya merujuk kepada pembagian kerja yang pada awalnya memiliki pembagian kerja yang didasarkan pada jenis kelamin.

Dengan semakin kompleks struktur masyarakat maka, pembagian kerja yang didasarkan kepada skill merupakan bagian dasar yang terdapat pada suatu institusi atau lembaga yang banyak diperkerjakan orang-orang.

Pemahaman seperti ini, seperti bagian dari suatu organisasi pada perbedaan fungsi dan peran masing-masing individu, dimana dalam hal ini perbedaan dalam pendapatan dapat diterima, meskipun ada juga perbedaan atau tempat yang sama tetapi memiliki peran dan fungsi yang tetap berbeda.


Sedangkan pemahaman berikutnya adalah custom differentiation atau diferentation atau diferensiasi adat yang merujuk kepada berbagai aturan atau kaidah yang digunakan sebagai patokan dalam bertindak dan berperilaku di dalam kehidupan sosial. Aturan tersebut, dipahami sebagai kaidah yang berlaku pada masyarakat lainnya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close