Pemilu Pada Tahun 1999 Terhadap Perubahan Politik

2/25/2019

Berbagai kekacauan ketika itu, dimana ekonomi yang melanda bagian timur pasca referendum dan menghangatnya skandal berbagai Bank, membuat berbagai titik balik terhadap pemulihan ekonomi. Dimana, pemilu yang menunjukkan perubahan orientasi politik yang cukup mendasar pada masyarakat kita.

Pada beralihnya masa pemerintahan, dimana Gusdur, yang dikenal sebagai bapak Tionghoa, memahami mandate yang diberikan MPR memiliki basis politik yang lemah. Apa saja, yang membuat masa pemerintahannya baik, tentunya keberhasilanya menggiring militer untuk menjauh dari politik.

Ketika itu, militer mesti diperhatikan dengan baik, agar tidak mengalami berbagai suasana yang tidak dinginkan. Karena pada saat itu, sipil menjadi peranan penting dalam menjaga keberlangsungan suasana. Hingga, hal ini membuahkan diplomasi Internasional dengan menyisir puluhan Negara terhadap pemerintahan Indonesia.


Setiap langkah yang diambil dalam sebuah kebijakan, tentunya ada pro dan kontra, karena pada saat itu peranan yang baik tentunya menghasilkan iklim yang kondusif terutama pasar. Tetapi, pada dasarnya memperhatikan masyarakat yang kecil. Perubahan terhadap masyarakat terus diperhatikan hingga saat ini, karena berbagai pandangan berbeda tersebut menjadi sumber pendanaan pembangunan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close