Pengertian Mengenai Kebudayaan : Ciri Khas Dari Evolusi Masyarakat

3/25/2019

Kondisi sosial budaya pada suatu masyarakat merupakan salah satu pewarisan budaya yang tidak dapat terpisahkan dari suatu peradaban. Yang artinya, sebagai perkembangan kebudayaan yang menjadi ciri khas dan milik manusia dalam suatu masyarakat.

Peradaban juga dapat diartikan menjadi tahapan tinggi dalam skala evolusi kebudayaan yang mengacu pada perbedaan antara manusia yang beradab terhadap mereka yang sebaliknya. Bila bicara penggunaan istilah peradaban yang lebih akurat, maka acuannya pada perbandingan antara manusia atau lebih beradab terhadap mereka yang kurang memahami.

Karakteristik utama acuan tersebut, adalah pada perbedaan tingkat intelektual, cita rasa keindahan, penguasaan teknologi dan tingkat yang spiritual yang dimiliki. Maka, dari itu peradaban merupakan tahapan evolusi kebudayaan yang telah berjalan bertahap dan berkesinambungan yang memperlihatkan karakter yang khas pada tahap tersebut.

Yang dalam hal ini di cirikan oleh kualitas pada unsur budaya yang menonjol dengan berbagai hasil budaya yang tinggi pengetahuan, seni, teknologi dan spiritual yang bersangkutan. Dengan demikian, dari uraian sebelumnya dapat dipahami bahwa evolusi kebudayaan dan peradaban merupakan jalur yang sejalan melalui proses perkembangan budaya yang bersangkutan.

Buku The Third Wave (1981:10-11) karya Alvin Toffler, mengatakan bahwa evolusi kebudayaan terjadi dalam tiga gelombang dalam kehidupan umat manusia. Pertama, tahap peradaban pertanian, kedua gelombang yang merupakan tahap peradaban industri, ketiga adalah gelombang yang merupakan tahap peradaban informasi.


Dalam tahapan ini, terdapat berbagai evolusi masyarakat dan kebudayaan yang ada berdasarkan sederhana sampai ketahap masyarakat dan kebudayaan yang terkompleks.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close