Sosial Budaya : Semakin Cair Batas Negara

4/19/2019

Hal yang positif mengenai teknologi dapat dipahami dengan pengaruh yang dibawa dunia luar terhadap berbagai teknologi yang baik. Yang membawa pengaruh pada bentuk-bentuk ragam persoalan, yang hal ini menjadi perhatian dalam memperhatikan sistem kelompok budaya serta berbagai cairnya batas Negara.

Dengan membuka ruang untuk pertemuan berbagai kebudayaan, hal ini menjadi masalah pertemuan berbagai kebudayaan yang tidak selalu berjalan dengan mulus. Perbedaan yang berlangsung dipermukaan yang belum tentu diterima kelompok lain.

Disamping demokratisasi yang mengusung nilai-nilai kebebasan berekspresi justru menjadi ladang yang subur untuk tumbuhnya kesadaran kelompok budaya, baik itu etnis, agama, maupun jenis kelamin. Pada suatu persimpangan jalan inilah konsep multikulturalisme menjadi penting untuk dibahas dan dikaji baik secara ilmiah maupun secara praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai para ahli, seperti tokoh Bikhu Parekh memandang multikulturalisme sebagai jawaban untuk menjembatani pertemuan budaya yang semakin marak dan tidak dapat dihindari.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close