Masyarakat Desa Bukan Merupakan Masyarakat Yang Kompleks ?

4/01/2019

Secara teoritis terdapat premis bahwa semakin maju suatu masyarakat, maka semakin meningkat jumlah serta ragam pengelompokkannya (lembaga, asosiasi, organisasi, dan lainnya). Maka, apabila masyarakat yang maju disebut juga masyarakat yang kompleks, kompleksitas adalah berkaitan dengan keragamaan pengelompokkan yang ada, beserta interaksinya satu sama lain.

Secara umum, masyarakat pedesaan bukan merupakan masyarakat yang kompleks, dimana sebagai komunitas dapat dijelaskan pengertian mengenai Desa. Masyarakat Desa merupakan komunitas yang relatif kecil. Hal ini mereka hidup dari pertanian. Yang hanya memungkinkan dalam perkembangan Desa hanya dimungkinkan apabila elemen teritorialnya masih tersedia cukup luas untuk keperluan pertanian.

Sebagai komunitas yang kecil, maka kemungkinan untuk saling berhubungan secara langsung antara orang satu dengan yang lainnya yang cukup memungkinkan. Dengan demikian, mereka bisa saling mengenal secara akrab. Maka, hubungan tersebut dikenal dengan hubungan primer.


Dengan karakteristik masyarakat pedesaan akan sangat mengenai berbagai kebutuhan mereka terhadap berbagai budaya yang mereka ketahui berdasarkan karakteristik Desa. Dengan kondisi seperti itu, struktur sosial horizontal cendrung diwarnai oleh dominasi kelompok primer.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close