Corak Kebutuhan Masyarakat Pedesaan

4/01/2019

Masyarakat pedesaan sangat dikenal dengan pelampisan sosial masyarakat yang heterogen, hal ini dikenal dengan sifat senioritas dari nenek moyang, kelompok, kekerabatan atai individu dalam masyarakat pedesaan itu.

Kemudian, pola pelapisan sosial didasarkan atau diidentifikasi dari suatu golongan lain, kerabatan atau jabatan yang dipandang tinggi oleh warga Desa. Hal ini, dapat dicontohkan berdasarkan sistem Desa yang menunjukan kekerabatan serta hubungan lain dengan orang bangsawan di berbagai golongan atas masyarakat.

Seiring dengan perubahan yang terjadi pada saat ini, terutama yang menyangkut perubahan dalam sistem mata pencaharian ketika banyak pedesaan yang lagi tergantung pada pertanian. Maka, dapat diklasifikasikan berbagai penduduk Jawa ditunjukkan dalam kenyataan.

Kalaupun masih ada di beberapa Desa tetapi, tidak lagi bersifat untuh seperti semula, demikian pola pelapisan sosial yang didasarkan atas sifat senioritas maupun identitas kelompok tertentu, sekalipun masih nampak tetapi tidak lagi seperti semula.


Hal ini, dikarenakan perkembangan pedesaan diberbagai wilayah terhadap pembangunan, berdasarkan sistem yang memang dipadankan dengan berbagai pelapisan sosial. Yang memiliki gambaran sosial masyarakat pedesaan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close