Temuan Yang Menandai Suatu Peradaban Budaya

4/21/2019

Suatu proses evolusi tentunya mengabaikan berbagai kekhususan dan keistimewaan dari perkembangan tiap masyarakat ataupun pengaruh dari luar masyarakat, yang berhubungan dengan suatu kebudayaan. Ada suatu tahapan yang memiliki peran terhadap munculnya sebuah inovasi, dalam hal ini dengan berbagai temuan yang ditemui dimasa lalu, seperti temuan api, tembikar, logam dan tulisan.

Dalam hal ini, temuan tersebut dipahami sebagai suatu peradaban yang memang memiliki masa terhadap evolusi kebudayaan dari suatu peradaban. Beberapa kebudayaan dalam masyarakat pedesaan tentunya akan beragam juga, dengan berbagai unsur kebudayaan yang berubah dari satu tahapan ke tahapan lainnya.

Hal ini, seperti Toynbee yang mendeskripsikan sebab muncul, tumbuh dan gulung tikarnya suatu kebudayaan dalam masyarakat dan peradaban yang kesejarahan. Dalam hal ini, berbagai ahli menekankan bahwa “intelligence” akan muncul bila manusia menghadapi situasi yang sulit dan menantang hingga bertumbuh kegiatan kreatif dalam melakukan usaha yang tidak terduga dalam proses “challenge and response”.

Tantangan ini, merupakan salah satu munculnya peradaban yang memang bila terjadi proses kreatif terus berlanjut, maka akan tumbuh tanggapan yang semakin canggih dengan kreativitas yang semakin optimal. Rangsangan suatu kebudayaan akan terus diasah dan dipertajam secara lahiriah dan batiniah yang progresif. Yang dalam hal ini, terdapat suatu peradaban dalam mengalami keruntuhan.

Puncak suatu peradaban yang terbentuk, dalam sistem politik misalnya juga merupakan salah satu bagian dari sistem ketidakmampuan dalam memahami budaya yang memiliki nilai kreatif terhadap suatu zaman.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close