Perubahan Merupakan Karakteristik Semua Kebudayaan

4/21/2019

Pandangan mengenai tingkat arah kebudayaan sangat berbeda-beda menurut kebudayaan dan waktunya perubahan kebudayaan dapat berjalan secara lambat, serta menyita waktu yang lama dan cepat, atau waktu yang relative singkat.

Dalam hal ini, ada beberapa sebab yang dapat melatarbelakangi terjadinya perubahan kebudayaan, diantaranya yaitu perubahan lingkungan alam yang pada suatu wilayah dapat menyebabkan perubahan pada kebudayaan diwilayah tersebut.

Kemudian, perubahan pada pola bercocok tanam dibeberapa wilayah, terutama pedesaan akan berbeda dengan berbagai sistem bercocok tanam yang dilakukan sekelompok masyarakat. Dari hal tersebut, maka diketahui lokasinya berpindah-pindah serta berubah ke pola bercocok tanam yang memilih lokasinya menetap.

Berdasarkan hal tersebut, maka diketahui masuknya gagasan dan cara baru melalui kebudayaan masyarakat dapat menimbulkan perubahan pada nilai dan norma masyarakat setempat. Hal ini, tidak bisa dipungkiri ketika berbagai sistem sosial masyarakat sedemikian besar dan berubah.


Perubahan kebudayaan pada umat manusia, merupakan salah satu bagian dari pola budaya masyarakat setempat, hal ini diketahui berdasarkan apa yang dikembangkan berdasarkan elemen kebudayaan material yang telah dikembangkan bangsa lain di tempat lain.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close