Kompleksitas Produk Pikiran Kelompok Manusia

5/28/2019


Peradaban adalah suatu organisasi sosial manusia, kelanjutan dari suatu proses lewat ashabiyah (group feeling, esprit de corps). Dengan demikian, peradaban  didefinisikan sebagai keseluruhan kompleksitas produk pikiran kelompok manusia dalam mengatasi negara, ras, suku, atau agama, yang membedakannya dari yang lain, tetapi tidak monolik dengan sendirinya.

Dengan demikian, bila kita mengaitkan kebutuhan manusia dan peradaban, maka kita harus melihat bahwa setiap masyarakat dan kebudayaan di dunia ini memiliki kebutuhan hidup yang berbeda-beda sesuai dengan cara hidup, organisasi, sosial mereka masing-masing, yang kemudian membentuk kebudayaan dan kemudian membentuk peradaban yang mereka miliki.

Didalam suatu sistem kebudayaan dan peradaban Barat, manusia dianggap beradab bila manusia memiliki sopan santun dan berbudaya, pendidikan. Misalkan dalam hal ini, budaya makan malam merupakan salah satu kebiasaan yang dianggap penting pada masyarakat Barat.


Karena, dalam hal tersebut merupakan budaya yang diterapkan dalam memahami bagaimana norma dan nilai-nilai yang sudah tertera berdasarkan peradaban kebudayaan yang dianggap penting dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close