Peran Budaya Politik Pada Masyarakat Pedesaan

5/30/2019

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, bahwa setiap kebudayaan pada masyarakat manapun dapat mengalami proses perubahan dan perkembangan secara sekaligus. Dimana, perubahan disini dapat menyangkut tentang berbagai hal yang terkait dengan perubahan sosial.

Dalam suatu kehidupan mengenai perubahan yang menyangkut kehidupan manusia yang dalam keterkaitan mengenai perubahan yang menyangkut perubahan masyarakat. Karena, dalam hal ini perubahan sosial tidak dapat dipelajari terlepas dari lingkupnya, yaitu masyarakat.

Tetapi, suatu perubahan sosial, yang tidak lepas dari ruang tersebut, memang merupakan kebudayaan yang memiliki jenis perubahan itu. Dimana, dalam hal ini berbagai perubahan sosial yang menyatakan bahwa perubahan sosial menurutnya, adalah perubahan penting dari struktur sosial yang berupa pola perilaku dan interaksi sosial.

Tercakup didalamnya berbagai prasyaratan tentang struktur seperti norma, nilai dan gejala budaya lainnya. Yang memang saling berhubungan dengan berbagai konsep yang inklusif, dimana saling menunjukkan kepada perubahan gejala sosial diberbagai tingkat kehidupan manusia dari mulai tingkat individual sampai global.

Maka, menurut Lauer, dimana perubahan sosial dapat dipelajari pada satu atau lebih tahapan dengan menggunakan berbagai bidang dalam suatu analis. Sedangkan yang dimengerti mengenai kebudayaan adalah suatu perubahan yang terjadi pada sistem budaya, bahasa, kesenian, citarasa, pada suatu masyarakat.


Perubahan sistem budaya yang dimaksud adalah perubahan pada sejumlah nilai-nilai, norma-norma yang penting di suatu masyarakat. Proses perubahan kebudayaan biasanya cukup lama, tetapi merupakan kelanjutan dari perubahan sosial.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close