Masyarakat Modern : Pengertian Mengenai Kemampuan Adaptasi Dengan Perubahan Sosial Budaya

6/28/2019

Manusia yang menentukan dimana akan tinggal, dalam hal ini bukan tempat atau iklim. Karena, dalam hal ini berbagai manusia yang berhadapan dengan pembuatan mitos, kepercayaan dan agama sebelum membuat aspek materi dan kebudayaan.

Pengertian mengenai manusia dann kebudayaan merupakan salah satu ide yang dibandingkan fungsi praktis seperti adaptasi terhadap Alam seperti yang dijelaskan. Dengan demikian, berbagai hubungan yang saling berkaitan akan memunculkan fungsi utama yang praktis seperti adaptasi terhadap Alam, seperti dijelaskan diatas.

Pada masyarakat modern yang memiliki berbagai hubungan adapatasi akan lebih banyak berkenan dengan perubahan sosial budaya, kali ini disesuaikan dengan pernyataan Mumford diatas, bahwa manusia modern merupakan pencipta sosial (konstruksi ide) dan kebudayaan (material).

Bangunan dan pemukiman merupakan konstruksi sosial budaya, dibandingkan dengan reaksi instingtif terhadap fenomena Alam. Menurut Redfield (1953), sosio-kultural memiliki empat aspek, yang berikut ini memaparkan bahwa kebudayaan sebagai perangkat total dari ide dan institusi dan aktivitas konvensional dari manusia, Etos merupakan organisasi konsepsi mengenai kebenaran, kemudian pandangan dunia merupakan cara manusia memandang dunia.


Sementara, karakter kebangsaan merupakan tipe kepribadian manusia yang hadir dalam kehidupan bermasyarakat. Maka, dalam hal ini nilai-nilai yang mempengaruhi lingkungan terbangun, dengan berbagai peran terhadap reaksi atas alam oleh manusia.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close