Pengaruh Lingkungan Alam Dan Lingkungan Sosial Budaya Masyarakat

6/26/2019

Perubahan sosial budaya mendorong terjadinya perubahan sosial pada masyarakat dimana penduduk manusia itu ada. Dalam perannya sebagai anggota masyarakat, manusia memiliki peranan yang signifikan terkait dengan terjadinya perubahan pada masyarakat.

Ketika, berbagai keterhubungan perubahan lingkungan sosial budaya mendorong terjadinya perubahan sosial budaya pada masyarakat manusia itu ada. Maka, perubahan sosial akan ada keadaan dinamis yang terjadi pada kelompok sosial, interaksi sosial, stratifikasi sosial dan institusi sosial.

Dengan kata lain, berbagai hubungan perubahan sosial adalah keadaan dinamis dalam masyarakat, yang menurut Soekandar (1972), yang dimaksud dengan perubahan sosial adalah perubahan terhadap proses sosial atau mengenai susunan masyarakat.

Sedangkan perubahan budaya lebih luas dan mencakup segala segi kebudayaan, seperti kepercayaan, pengetahuan, bahasa, teknologi dan sebagainya. Terjadinya perubahan budaya dipermudah dengan adanya kontak dengan kebudayaan lain yang akhirnya akan terjadi difusi (pencampuran budaya).

Dengan kata lain, perubahan sosial dapat diartikan sebagai perubahan dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial, nilai, sikap dan pola perilaku sosial individu dan kelompok masyarakat. Sementara, perubahan budaya diartikan sebagai perubahan yang terjadi dalam sistem ide yang dimiliki bersama dalam berbagai bidang kehidupan dari masyarakat yang bersangkutan.


Maka, perubahan budaya akan dinamis dengan berbagai proses sosial dan budaya yang mempengaruhi struktur dan kebudayaan masyarakat. Karenanya, perubahan sosial budaya juga merupakan perubahan pada banyak elemen sosial budaya di masyarakat. 

Berbagai keterakitan dengan budaya merupakan bagian dari potongan pengetahuan yang tidak lepas dari berbagai pandangan kita mengenai budaya, terutama budaya lokal yang sering berkaitan dengan budaya masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close