Pluralitas Masyarakat Di Suatu Realitas Sosio Kultural

7/07/2019

Dari suatu realitas sejarah harus dilihat sebagai sesuatu yang seimbang, dalam arti bahwa semua konsep memiliki wacana dan semua realitas mengenai pluralitas sebagai suku bangsa yang ditempatkan pada tingkatan yang sederajat dan tidak.

Hal ini, dapat dihubungkan dengan sikap primordialistik dan realitas majemuk masyarakat Indonesia yang melekat pada masyarakat daerah dan kebudayaan berbagai suku bangsa maka sifat pluralitas dan sikap primordialistik yang haruslah ditempatkan sebagai bagian dari tradisi atau realitas yang harus diterima eksistensinya.

Karena, dalam hal ini dengan berbagai kenyaataan ini adalah merupakan warisan sejarah bangsa Indonesia. Yang memiliki aspek positif dari tradisi tersebut yang harus dikelola secara tepat dengan mengesampingkan unsur-unsur yang bersifat destruktif sehingga tradisi daerah dapat ditransformasikan menjadi tradisi kebangsaan yang kuat.

Maka, pengertian mengenai pluralitas, dapat diketahu dengan berbagai hubungan masyarakar yang tepat untuk mengetahui dengan berbagai ketergantungan masyarakat yang merupakan bagian dari sistem sosial budaya pada masyarakat.


Pluralitas merupakan salah satu bagian dari hidup suatu bangsa ditengah perbedaan budaya, suku dan agama yang tergabung didalamnya, hingga membentuk sebuah budaya dengan berbagai ragam serta perbedaan, Untuk itu pengetahuan terhadap berbagai konflik di masa lalu merupakan bagian dari bentrokan terhadap pandangan kita mengenai suatu kebangsaaan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close