Proses Transformasi Agar Tidak Mengancam Ketahanan Berbangsa Dan Bernegara

7/22/2019

Berbagai istilah atau pengertian mengenai ketahanan Nasional, merupakan salah satu bagian dari sifal pluralitas dan sikap primordialistik yang harus menempatkan pada bagian tradisi atau realitas yang harus diterima eksistensinya.

Karena, pada kenyataan ini merupakan bagian dari tradisi atau realitas yang harus diterima eksistensinya. Diketahui bahwa setiap hubungan tradisi dan budaya pada masyarakat merupakan aspek positif yang baik untuk diketahui dengan berbagai budaya yang dimiliki.

Untuk itu, jika menggangu ketahanan Nasional hal ini merupakan salah satu bagian dari bentuk partisipasi dalam hal pengertian bersama dalam suatu tradisi bangsa yang kuat demi mempertebalkan rasa Nasionalisme bangsa.

Gambaran mengenai wawasan kepada kita betapa pluralisme menjadi masalah yang harus diperhatikan dalam sistem politik kenegaraan, khususnya dalam hal sistem kepartaian yang dianggap cocok dengan keanekaragamaan yang kita miliki.

Dengan berbagai hubungan tradisi yang telah disampaikan melalui berbagai festival, serta paham keagamaan maka suatu budaya akan tampak pada manusia itu sendiri dengan berbagak karakteristik yang diketahui berdasarkan sumber masyarakatnya.


Berbeda melalui gambaran yang diketahui pada masa kolonial dimana sistem kepartaian yang didirikan didasarkan atas sistem sosial, seperti diketahui Budi Utomo, dan Muhammadiyah, atau dalam hal ini jelas terang-terangan melalui berbagai hubungan politik melalui keagamaan/politik.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close